Lestari, Destri Endang
(2022)
Deskripsi Pendekatan Saintifik dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta didik Pada Materi Benzena.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan saintifik di dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan angket yang diberikan pada 10 guru kimia di Kota Padang bahwa pendekatan saintifik belum terlaksana secara maksimal dan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik pada materi benzena. Penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 3 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar analisis dokumen untuk melihat kelengkapan RPP guru, lembar observasi untuk melihat pelaksanaan pendekatan saintifik, dan Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah merencanakan pembelajaran sesuai dengan aspek pendekatan santifik namun implementasinya didalam kelas, proses pembelajaran belum sesuai dengan pendekatan saintifik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik 0% kritis, 18% cukup kritis, 15% kurang kritis, 67% tidak kritis. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diukur yaitu kemampuan linguistik 42% tinggi, kemampuan strategi 100% rendah. Dan kemampuan skematik 100 rendah.
Actions (login required)
|
View Item |