Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tradisi Membilang Hari di Desa Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupten Kuantan Singingi

Yumita, Yumita (2022) Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tradisi Membilang Hari di Desa Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupten Kuantan Singingi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_YUMITA_18329036_5601_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan dalam membilang hari di Desa Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Sumber data diambil dari lima orang informan melalui wawancara mendalam yang dipilih menggunakan dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi. Seluruh hasil wawancara kemudian dianalisis secara sistematis melalui empat langkah kegiatan analisis yaitu (pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan). Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan; Pertama: Proses pelaksanaan membilang hari diselenggarakan Tradisi ini sudah muncul sejak lama dan tradisi ini terus berlanjut hingga sekarang bagi masyarakat. Membilang hari merupakan adat istiadat yang perlu dilestarikan, kegiatan ini dilakukan untuk mendoakan arwah yang meninggal dan menjalin silaturahmi kepada sanak saudara. Membilang hari ini memiliki makna yaitu untuk mendoakan arwah yang telah lama meninggal dan yang baru meninggal. Tujuan dalam membilang hari ini yaitu untuk mengingatkan tentang kematian bagi yang masih hidup agar mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kemudian membilang hari ini sudah disepakati oleh ulama, tokoh adat dan agama serta cendikiawan yang ada di kenegrian kopah. Keduanya: Nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan membilang hari yaitu nilai aqidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorKosasih, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRADISI MEMBILANG HARI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:25
Last Modified: 10 Mar 2023 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42819

Actions (login required)

View Item View Item