Penggunaan Metode Attained Age Normal dan Projected Unit Credit Pada Perhitungan Pembiayaan Dana Pensiun (Studi Kasus: PERUMDA Tirta Sakti Kerinci)

Miranda, Dede (2022) Penggunaan Metode Attained Age Normal dan Projected Unit Credit Pada Perhitungan Pembiayaan Dana Pensiun (Studi Kasus: PERUMDA Tirta Sakti Kerinci). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DEDE_MIRANDA_18030006_3820.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah Perusahaan Umum Daerah Tirta Sakti harus memberikan jaminan kepada karyawan mengenai dana pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya iuran normal yang harus dibayarkan peserta dan kewajiban aktuaria yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan dan memperoleh hasil perhitungan aktuaria dengan menggunakan metode Attained Age Normal dan Projected Unit Credit. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, dengan populasi seluruh karyawan pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Sakti Kerinci. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu karyawan laki–laki umur 30 tahun dan 35 tahun yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan perhitungan aktuaria dana pensiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iuran pensiun normal menggunakan metode Attained Age Normal mengalami kenaikan setiap tahunnya dan menjelang memasuki usia pensiun kenaikannya sangat signifikan dibandingkan dengan metode Projected Unit Credit. Besar kewajiban aktuaria menggunakan metode Attained Age Normal lebih besar dibandingkan dengan metode Projected Unit Credit. Besar manfaat pensiun yang diterima peserta menggunakan metode Projected Unit Credit lebih besar dibandingkan dengan metode Attained Age Normal. Sedangkan bagi dana pensiun metode Attained Age Normal lebih menguntungkan. Besar manfaat pensiun dipengaruhi oleh besar akumulasi iuran pensiun, semakin kecil akumulasi iuran pensiun maka semakin besar manfaat pensiun yang diterima peserta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Attained Age Normal, Projected Unit Credit
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:55
Last Modified: 10 Mar 2023 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42817

Actions (login required)

View Item View Item