Salamah, Olga
(2022)
Peran Pemerintah Daerah Dalam Melestarikan Tari
Tradisional Gandai di Kabupaten Mukomuko.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam
melestarikan tari tradisional Gandai di Kabupaten Mukomuko yang diukur dengan
menggunakan indikator perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri dengan menggunakan instrument pendukung seperti peralatan tulis dan
camera handphone yang bersifat melengkapi instrument utama. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam
melestarikan tari tradisional Gandai tergolong cukup maksimal hal ini ditunjukan
dengan : (1) pemerintah daerah memberikan perlindungan ditunjukkan dengan
memfasilitasi 34 sanggar dengan tujuan melestarikan tari Gandai di Kabupaten
Mukomuko secara gratis. (2) Pemanfaatan pemerintah dalam menjadikannya tari
Gandai sebagai ikon budaya dan sebagai aset wisata daerah, Pemerintah daerah juga
bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Hari Pers Nasional
(HPN) tingkat Provinsi mengukuhkan tari Gandai sebagai rekor MURI dengan
jumlah penari terbanyak 1000 orang. (3) Pengembangan yang dilakukan pemerintah
daerah yaitu memberikan apresiasi berupa sertifikat kepada pelestari tradisi yang aktif
dalam kegiatan yang diadakan pemerintah baik acara festival budaya dan juga
pembinaan yang diadakan pemerintah, selain itu pemerintah juga melakukan
pelatihan kepada masyarakat guna menjaga identitas budaya yang sudah diwariskan
secara turun-temurun
Actions (login required)
|
View Item |