Tinjauan Kualitas Pelayanan SAMSAT Keliling dalam Upaya Meningkatkan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Painan.

Wulandari, Dila (2023) Tinjauan Kualitas Pelayanan SAMSAT Keliling dalam Upaya Meningkatkan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Painan. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_DILA_WULANDARI_20233020_5821_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tinjauan Kualitas Pelayanan SAMSAT Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Painan. Penelitian ini dilakukan di Kantor SAMSAT Painan yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No 15, Sago Salido, Kec. IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang melalui pengisian kuesioner. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di SAMSAT Keliling Painan. Pada tahun 2022 sampel penelitian ini 98 responden. Metode penentuan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui tingkat kualitas pelayanan di SAMSAT Keliling Painan menurut responden mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,88 dan TCR 77,52% masuk dalam kategori cukup baik, artinya responden atau wajib pajak mempresepsikan kualitas pelayanan SAMSAT Keliling Painan cukup baik, tetapi belum optimal dan perlu ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan Tingkat Capaian Responden indikator pertama bukti nyata (tangibles) 81,6%, indikator kedua keandalan (reliability) 76,8%, indikator ketiga daya tanggap (responsiveness) 79,1%, indikator keempat jaminan (assurance) 81,2%, dan indikator terakhir empati (empathy) 68,9%. Dengan TCR tertinggi oleh indikator dan TCR terendah oleh indicator pertama bukti nyata (tangibles) 81,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YukiUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSarianti, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN, WAJIB PAJAK, PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:07
Last Modified: 24 Nov 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42799

Actions (login required)

View Item View Item