Pengembangan Buku Digital Berbasis Model Pembelajaran RANDAI Terintegrasi Potensi Lokal Sumatera Barat pada Materi Ekosistem Kelas X SMA/MA

Husna, Asmaul (2022) Pengembangan Buku Digital Berbasis Model Pembelajaran RANDAI Terintegrasi Potensi Lokal Sumatera Barat pada Materi Ekosistem Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ASMAUL_HUSNA_18031097_3266.pdf

Download (798kB) | Preview

Abstract

Biologi memiliki cakupan keilmuan yang sangat luas dan memiliki peranan strategis untuk mempersiapkan peserta didik yang kritis, kreatif, dan kompetitif melalui pembelajaran yang inovatif. Inovasi pembelajaran dapat dirancang dan dikembangkan dengan kreatif yang salah satunya dapat diwujudkan dalam bentuk bahan ajar. Bahan ajar yang sesuai dengan fenomena perkembangan zaman saat ini adalah penggunaan bahan ajar berbasis digital. Bahan ajar yang digunakan peserta didik belum memfasilitasi pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan belum diintegrasikan dengan potensi lokal sehingga peserta didik tidak mengenali potensi lokal daerahnya dengan baik. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Model Plomp. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah 3 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 2 orang guru biologi SMA Pertiwi 1 Padang dan 32 orang peserta didik kelas X MIPA 2. Objek penelitian ini adalah buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi ekosistem. Instrumen penelitian ini antara lain lembar angket self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation, field test, dan angket praktikalitas. Uji yang dilakukan berupa uji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi ekosistem Kelas X SMA/MA, dengan validitas buku digital sangat valid (92,48%) baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Praktikalitas buku digital dikategorikan sangat praktis oleh guru (93,3%) dan juga sangat praktis oleh peserta didik (90,02%) baik dari aspek kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, tampilan/daya tarik, pemahaman konsep/materi dan manfaat, dan kebahasaan. Maka dapat disimpulkan buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi ekosistem Kelas X SMA/MA sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Digital, Model Pembelajaran RANDAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:41
Last Modified: 09 Mar 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42797

Actions (login required)

View Item View Item