Jaya, Arnina Dwi
(2022)
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Islam Tuanku Lintau Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Peserta didik menggunakan pengetahuan yang sudah dimilikinya untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Salah satu
metode pemecahan masalah adalah dengan menggunakan langkah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan pengecekan kembali. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang masih rendah disebabkan oleh kebiasaan peserta didik dalam menyelesaikan soal sesuai yang diajarkan guru dan kurangnya
pemberian soal pemecahan masalah matematis yang mengakibatkan peserta didik kurang memiliki keterampilan untuk menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Islam Tuanku Lintau pada materi sistem persamaan variabel ditinjau dari langkah-langkah Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan langkah-langkah Polya pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMP Islam Tuanku Lintau. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif dengan pengambilan subjek penelitian mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis deskriptif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan
pemecahan masalah matematis pada langkah memahami masalah yaitu 0,72, langkah rencana penyelesaian dengan skor rata-rata yaitu 0,44, langkah melaksanakan rencana penyelesaian dengan skor rata-rata yaitu 0,26 dan langkah pengecekan kembali memiliki skor rata-rata yaitu 0,17. Dengan demikian skor rata-rata terendah pada langkah keempat yaitu pengecekan kembali dan memiliki skor rata-rata tertinggi pada langkah memahami masalah.
Actions (login required)
|
View Item |