Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Memanfaatkan TIK Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Ummami, Annisa Zainatul (2022) Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Memanfaatkan TIK Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANNISA_ZAINATUL_UMMAMI_1733083_3476.pdf

Download (827kB) | Preview

Abstract

Kajian media pembelajaran fisika berbasis TIK telah banyak dilakukan oleh para peneliti. Namun penelitian ini masih terbatas pada aspek variabel penelitian terutama pada variabel moderator. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan meta analisis pengaruh media pembelajaran fisika berbasis TIK. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fisika berbasis TIK terhadap keterampilan berpikir kritis aspek tingkat kelas, jenis media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Metode penelitian dapat diklasifikasikan ke dalam metode meta-analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian serupa dalam kegiatan meta-analisis ini berasal dari 20 artikel dari jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Terdapat informasi yang mendukung meta analisis, dan terdapat informasi statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai ukuran efek. Variabel dalam penelitian ini, yaitu media pembelajaran fisika memanfaatkan TIK sebagai variabel bebas, keterampilan berpikir kritis siswa sebagai variabel terikat, serta materi pembelajaran, tingkatan kelas dan media pembelajaran sebagai variabel moderator. Perhitungan ukuran efek artikel menggunakan persamaan Cohen’s d. Perhitungan ukuran efek ringkasan artikel menggunakan 2 model, yaitu model efek random dan model efek tetap Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran fisika memanfaatkan TIK berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa baik ditinjau dari tingkat kelas, jenis media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran fisika berbasis TIK efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada berbagai jenjang kelas, jenis media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian memanfaatkan TIK untuk menunjang media pembelajaran fisika merupakan solusi yang baik agar media pembelajaran tidak monoton. Kata kunci: media pembelajaran, TIK, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:39
Last Modified: 09 Mar 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42789

Actions (login required)

View Item View Item