Ummami, Annisa Zainatul
(2022)
Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Memanfaatkan TIK Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kajian media pembelajaran fisika berbasis TIK telah banyak dilakukan oleh para peneliti. Namun penelitian ini masih terbatas pada aspek variabel penelitian terutama pada variabel moderator. Solusi dari permasalahan tersebut
adalah dengan melakukan meta analisis pengaruh media pembelajaran fisika berbasis TIK. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fisika berbasis TIK terhadap keterampilan berpikir kritis aspek tingkat kelas, jenis media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Metode penelitian dapat diklasifikasikan ke dalam metode meta-analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian serupa dalam kegiatan meta-analisis ini berasal dari 20 artikel dari jurnal terakreditasi nasional dan jurnal
internasional yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Terdapat informasi yang mendukung meta analisis, dan terdapat informasi statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai ukuran efek. Variabel dalam penelitian ini, yaitu media pembelajaran fisika memanfaatkan TIK sebagai variabel bebas, keterampilan berpikir kritis siswa sebagai variabel terikat, serta materi pembelajaran, tingkatan kelas dan media pembelajaran sebagai variabel moderator. Perhitungan ukuran efek artikel menggunakan persamaan Cohen’s d. Perhitungan ukuran efek ringkasan artikel menggunakan 2 model, yaitu model efek random dan model efek tetap
Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran fisika memanfaatkan TIK berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa baik ditinjau dari tingkat kelas, jenis media pembelajaran, dan materi
pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran fisika berbasis TIK efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada berbagai jenjang kelas, jenis media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Berdasarkan hasil
penelitian memanfaatkan TIK untuk menunjang media pembelajaran fisika merupakan solusi yang baik agar media pembelajaran tidak monoton. Kata kunci: media pembelajaran, TIK, keterampilan berpikir kritis
Actions (login required)
|
View Item |