Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA N 12 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Utami, Anisa Alya (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA N 12 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANISA_ALYA_UTAMI_18029031_2967.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA N 12 Padang masih rendah. Hal ini dilihat dari jawaban peserta didik saat diberikan soal yang memuat langkah�langkah kemampuan pemecahan masalah sehingga ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA N 12 Padang tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA N 12 Padang tahun pembelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,002. Karena P-Value kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:50
Last Modified: 09 Mar 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42781

Actions (login required)

View Item View Item