Utami, Anisa Alya
(2022)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA N 12 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari
pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA N 12 Padang masih rendah. Hal ini dilihat dari jawaban peserta didik saat diberikan soal yang memuat langkah�langkah kemampuan pemecahan masalah sehingga ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan
benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA N 12 Padang tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan non-equivalent posttest
only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA N 12 Padang tahun pembelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 3
sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,002. Karena P-Value kurang dari
Actions (login required)
|
View Item |