Adaptasi Siswa dari Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Tatap Muka di Era Adaptasi Kebiasaan Baru: Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak

Oktavia M, Yeli (2022) Adaptasi Siswa dari Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Tatap Muka di Era Adaptasi Kebiasaan Baru: Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_YELI_OKTAVIA_M_18058168_4640_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan mengenai adaptasi siswa dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka di era adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Fungsional Struktural Talcott Parson. Teori ini menjelaskan bahwa agar suatu kelompok dapat survive maka diperlukan 4 hal yaitu Adaptation (adaptasi), Goal Attaiment (pencapaian tujuan), Integration (integrasi) dan Latency (pemeliharaan pola). Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus intrinsik. Dalam penentuan informan penelitian, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah 10 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru mata pelajaran dan 8 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan model analisis data data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi siswa dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka terdapat 3 adaptasi yaitu, 1) adaptasi aturan, seperti aturan dalam membawa bekal ke sekolah dan aturan dalam berpakaian, 2) adaptasi dalam penggunaan teknologi yaitu HP 3) adaptasi dalam interaksi sosial dengan siswa lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, PEMBELAJARAN TATAP MUKA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:50
Last Modified: 09 Mar 2023 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42780

Actions (login required)

View Item View Item