Khairunnisa, Andini
(2022)
Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Inquiry Menggunakan Aplikasi Android Kelas X SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bahan ajar adalah salah satu faktor penunjang untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan adalah modul. Dengan adanya perkembangan teknologi, maka dikembangkan modul berbasis aplikasi
android yang dapat digunakan oleh peserta didik dan guru yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan produk
tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan atau prototyping, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Lubuk Basung. Modul aplikasi android divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 6 peserta didik kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung pada uji coba kelompok kecil. Data hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul aplikasi android yang dikembangkan
dikategorikan valid (0,83 untuk materi dan 0,89 untuk media) dan hasil uji praktikalitas dengan kategori sangat praktis (86,58% untuk uji praktikalitas guru, 90,18% untuk uji praktiklitas peserta didik). Dengan demikian, disimpulkan
bahwa modul ikatan kimia berbasis guided inquiry menggunakan aplikasi android yang dihasilkan untuk siswa SMA/MA valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |