Adella AR, Altaira Averil
(2022)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Discovery Learning Berbantuan Desmos Pada Materi Trigonometri Kelas X.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang seiring perkembangan zaman. Menyikapi perkembangan teknologi yang kian meningkat menjadikan pendidik harus sigap memanfaatkannya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan pada bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu bahan ajar yang akan
dikembangkan adalah Lembar Kerja Peserta Didik Digital. Berdasarkan investigasi awal, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan masih belum mampu memfasilitasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos pada materi trigonometri kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Reasearch and Development) dengan model Plomp yang melalui dua tahap yaitu preliminary reasearch dan prototyping phase. Tahap preliminary research terdiri dari empat analisis yaitu analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Tahap prototyping phase terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3 dan prortype 4. Pada prorotype 1 dilakukan evaluasi sendiri (self evaluation) yang akan menghasilkan prortype 2 . selanjutnya, pada prortype 2 dilakukan expert reviw (penilaian ahli) untuk menguji validitas. Tahap expert
review dilakukan oleh tiga orang validator yaitu 2 orang dosen matematika dan seorang pendidik matematika SMA. LKPD digital akan diperbaiki sesuai saran validator yang kemudian menjadi prortype 3. Kemudian, prototype 3 akan diuji
cobakan kepada tiga orang peserta didik pada tahap one to one evaluation. Pada prortype 4, LKPD digital akan diuji cobakan kepada 6 orang peserta didik pada small group evaluation untuk mengetahui kepraktisan dari LKPD digital.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos dapat dikategorikan valid dan praktis. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos memenuhi kategori sangat valid dengan tingkat validitas 81,36%. Kemudian berdasarkan penelitian, e-modul berbasis PMR dapat dikategorikan sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 90,5% oleh peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |