Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Discovery Learning Berbantuan Desmos Pada Materi Trigonometri Kelas X

Adella AR, Altaira Averil (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Discovery Learning Berbantuan Desmos Pada Materi Trigonometri Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ALTAIRA_AVERIL_ADELLA_AR_18029057_3446.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang seiring perkembangan zaman. Menyikapi perkembangan teknologi yang kian meningkat menjadikan pendidik harus sigap memanfaatkannya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan pada bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu bahan ajar yang akan dikembangkan adalah Lembar Kerja Peserta Didik Digital. Berdasarkan investigasi awal, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan masih belum mampu memfasilitasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos pada materi trigonometri kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Reasearch and Development) dengan model Plomp yang melalui dua tahap yaitu preliminary reasearch dan prototyping phase. Tahap preliminary research terdiri dari empat analisis yaitu analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Tahap prototyping phase terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3 dan prortype 4. Pada prorotype 1 dilakukan evaluasi sendiri (self evaluation) yang akan menghasilkan prortype 2 . selanjutnya, pada prortype 2 dilakukan expert reviw (penilaian ahli) untuk menguji validitas. Tahap expert review dilakukan oleh tiga orang validator yaitu 2 orang dosen matematika dan seorang pendidik matematika SMA. LKPD digital akan diperbaiki sesuai saran validator yang kemudian menjadi prortype 3. Kemudian, prototype 3 akan diuji cobakan kepada tiga orang peserta didik pada tahap one to one evaluation. Pada prortype 4, LKPD digital akan diuji cobakan kepada 6 orang peserta didik pada small group evaluation untuk mengetahui kepraktisan dari LKPD digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos dapat dikategorikan valid dan praktis. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD digital berbasis discovery learning berbantuan desmos memenuhi kategori sangat valid dengan tingkat validitas 81,36%. Kemudian berdasarkan penelitian, e-modul berbasis PMR dapat dikategorikan sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 90,5% oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:47
Last Modified: 09 Mar 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42773

Actions (login required)

View Item View Item