Analisis Sifat Penyerap Gelombang Mikro Oksida Graphene Dari Limbah Tongkol Jagung (Zea Mays L.) yang Disintesis dengan Metode Hummer Modifikasi

Zammi, Alfia (2022) Analisis Sifat Penyerap Gelombang Mikro Oksida Graphene Dari Limbah Tongkol Jagung (Zea Mays L.) yang Disintesis dengan Metode Hummer Modifikasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ALFIA_ZAMMI_18034067_2708.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Teknologi kapal perang atau kapal patroli merupakan salah satu bentuk pertahanan dibidang maritim yang perlu dikembangkan. Kapal siluman merupakan teknologi canggih yang dikembangkan dengan tujuan agar kapal tidak terdetekdi oleh penerima radar. Untuk mengembangkan teknologi ini salah satunya dengan metode pelapisan pada badan kapal perang berbasis pada material penyerap gelombang radar (radar absorbing material). Oksida Graphene (GO) memiliki sifat mekanik dan elektrik yang baik sehingga berpotensi dijadikan sebagai bahan penyerap gelombang. Pada penelitian ini akan dilakukan sintesis GO yang berasal limbah tongkol jagung. Tongkol jagung memiliki kandungan unsur karbon yang tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan utam dalam sintesis GO menggantikan grafit. Hasil sintesis GO akan diuji sifat penyerap gelombang mikro karena dapat diaplikasikan sebagai Radar Absorbing Material. Sintesis GO dilakukan dengan metode hummer modifikasi. Terdapat beberapa tahapan pada penelitian ini yaitu tahap persiapan sampel, tahap ekstraksi silika, tahap aktivasi karbon, tahap sintesis GO dan tahap sonikasi GO. Variasi suhu sintering diberlakukan untuk melihat pengaruhnya terhadap sifat penyerap gelombang mikro. Suhu sintering yang digunakan yaitu dimulai dari suhu 300˚C, 350˚C, 400˚C dan 450˚C. Karakterisasi GO dilakukan menggunakan FTIR, XRD dan VNA. Hasil karakterisasi GO menggunakan VNA, terlihat pengaruh suhu sintering terhadap sifat penyerap gelombang mikro. Sifat penyerap gelombang mikro yang paling baik didaptakan dari GO 450˚C dengan koefisien penyerapan 99,03%, reflection loss -40,35 dB dan lebar pita penyerapan 1,27 Ghz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Radar Absorbing Material
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:47
Last Modified: 09 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42771

Actions (login required)

View Item View Item