Implementasi Penggunaan ARKAS 3.3 pada Pelaporan Penggunaan dana Bos Sekolah Dasar Negeri 18 Bungo Pasang di Kota Padang

Wulandari, Windi (2022) Implementasi Penggunaan ARKAS 3.3 pada Pelaporan Penggunaan dana Bos Sekolah Dasar Negeri 18 Bungo Pasang di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_WINDI_WULANDARI_18042209_5661_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Rkas (ARKAS) ini metode yang dikembangkan khusus untuk sekolah. Sekolah tidak memiliki tenaga internal dengan keterampilan IT dan finasial sehingga memaksakan tenaga pelaksana dalam menggunakan kegiatan yang berbasis teknologi. Dengan itu pemerintah mengeluarkan surat edaran bersama dalam peraturan Mendagri dengan Mendikbud Nomor 7 Tahun 2021 meresmikan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai aplikasi tunggal pengelolaan dana bos. Tujuan aplikasi ini dikembangkan untuk agar bisa mengadaptasi diri dengan perkembangan teknologi yang ada. Perubahan versi yang terjadi secara otomatis juga berdampak terhadap ketidakseimbangan kompetensi SDM. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi penggunaan ARKAS 3.3 pada penggunaan pelaporan dana bos sekolah dasar 18 Bungo Pasang wilayah Kecamatan Koto Tangah di Kota Padang. Penelitian ini merupakan metode quasi kualitatif dengan menggunakan model Simple Research Design (SRD). Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. yang mana teknik pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu. Dengan demikian pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengguna dari ARKAS 3.3 ini implementasi yang dilakukan belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Tetapi hal itu tidak hanya berhenti begitu saja, tentunya dengan muncul kendala yang menghambat implementasi ARKAS dalam laporan, tim pelaksana berusaha mencari solusi yang baik. Namun dalam beberapa indikator-indikator pada implementasi belum terpenuhi secara keseluruhan yang disebabkan oleh kurang terlatihnya pelaksana dalam menggunakan Aplikasi Rkas (ARKAS) saat pelaporan. Serta dalam kegiatan terdapat kendala-kendala yang menghambat implementasi penggunaan ARKAS berjalan secara optimal. Diantaranya yaitu jumlah personil dalam tim pelaksana penggunaan ARKAS di sekolah yang terbatas serta terbatasnya dana darurat pada Sekolah Dasar 18 Bungo Pasang di Kecamatan Koto Tangah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorYuliarti, YuliartiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN, ARKAS 3.3
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:47
Last Modified: 09 Mar 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42769

Actions (login required)

View Item View Item