Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konseps Siswa pada Materi Pemanasan Global.

Pramono, Agus (2022) Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konseps Siswa pada Materi Pemanasan Global. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AGUS_PRAMONO_18033002_2711.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Perkembangan abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah aktivitas antara sumber belajar dengan pendidik serta peserta didik. Agar mempermudah dalam menyampaikan pelajaran guru menggunakan sumber belajar berupa media dan sumber belajar sebagai faktor penunjang agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Pada dasarnya setiap proses pembelajaran itu memiliki tujuan begitu juga dengan pembelajaran fisika. Salah satu tujuan pembelajaran fisika didalam kurikulum 21 adalah tercapainya pemahaman konsep pada setiap materi fisika. Fakta yang ditemukan di lapangan dari hasil penyebaran angket adalah pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global tergolong rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam development research menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu preliminary research dan develop or prototyping dibatasi sampai tahap expert review. Sumber data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket pendidik, studi literatur dan lembar uji validitas. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken. Berdasarkan Develop or Prototyping Phase telah didesain multimedia interaktif yang disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,83 dengan kategori valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi pemanasan global sudah valid. Karena dalam penelitian ini dibatasi sampai validitas sehingga multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global ini dapat dilanjutkan untuk ketahap selanjutnya yaitu praktikalitas dan evektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:46
Last Modified: 09 Mar 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42767

Actions (login required)

View Item View Item