Kompetensi Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Information Literacy Standars For Higher Education

Azaki, Fauzan Faula (2022) Kompetensi Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Information Literacy Standars For Higher Education. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FAUZAN_FAULA_AZAKI_18234080_6261_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi informasi pemustaka di Perpustakaan Univeristas Negeri Padang menggunakan Literacy Standars For Higher Education. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 5 informan dari Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi 2018. Hasil penelitian ini menunjukan kompetensi literasi pemustaka menggunakan Information Literacy Standars For Higher Education secara keseluruhan sudah baik karena sebagian besar memenuhi standar literasi informasi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari rincian indikator yaitu: (1) Mahasiswa mampu mengenali informasi yang di butuhkan, dapat diketahui bahwa mahasiswa mengenali atau mengetahui informasi yang dibutuhkan, (2) Mahasiswa mampu mengakses informasi yang dia butuhkan secara efektif dan efisien, (3) Mahasiswa mampu mengevaluasi informasi dan sumber-sumber informasi secara kritis dan mampu menggabungkan informasi tertentu kedalam pengetahuan dan sistem nilai yang sudah dimilikinya, (4) Mahasiswa mampu memanfaatkan atau menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu, dari hasil penelitian sebagian besar mahasiswa memilih untuk memanfaatkan dan menggunakan informasinya, (5) Mahasiswa mampu memahami aspek ekonomi, hukum dan sosial dalam pemanfaatan suatu informasi dan mampu mengakses serta menggunakan informasi secara etis dan legal, dari hasil penelitian, mahasiswa sudah cukup paham mengenai masalah plagiat, mereka tahu bagaimana caranya mempertanggungjawabkan suatu informasi dan menghargai karya orang lain dengan cara mencari informasi dari website resmi. Penelitian ini diharapkan kepada mahasiswa untuk kedepannya menggali keahlian literasi informasi dalam kemampuan mengenali informasi yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI LITERASI-INFORMASI PEMUSTAKA
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:29
Last Modified: 08 Mar 2023 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42761

Actions (login required)

View Item View Item