Putri, Karisa Ivana
(2022)
Pembuatan Video Promosi Destinasi Wisata di
Kota Painan.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan video promosi wisata menggunakan aplikasi adobe
premiere pro CC dan mendeksripsikan hasil produk Video Promosi Destinasi
Wisata di Kota Painan. Metode dalam penulisan makalah ini menggunakan
metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan informasi
tentang pemecahan masalah untuk merancang produk video promosi di Kota
Painan. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi yang bertujuan
untuk mengamati permasalahan yang terjadi di pariwisata Kota Painan,
selanjutnya melakukan penyebaran angket kuisioner untuk memperoleh hasil uji
coba produk dari sepuluh orang responden. Tahapan dalam pembuatan video
ada tiga yaitu: (1) praproduksi merupakan tahapan persiapan yang dilakukan
sebelum produksi video. (2) tahap produksi yang merupakan tahap perekaman
video berdasarkan hal yang dipersiapkan pada tahap praproduksi. (3) tahap
pascaproduksi yang merupakan tahap pengeditan video agar menjadi tayangan
yang menarik. Tahap pascaproduksi, yaitu pembuatan dokumen baru (new
project), import file, import audio, cut video, effect video,penambahan teks pada
video, compositing, rendering video dan eksport video. Kemudian untuk
menguji kelayakan video dilakukan uji coba dengan menyebarkan angket
kepada sepuluh orang responden. Angket tersebut berisi tiga indikator dengan
total sepuluh pertanyaan yang meliputi kelayakan tampilan video, kelayakan
informasi, dan kelayakan promosi. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan
bahwa 92% jawaban termasuk kategori layak, sedangkan 8% lainnya menjawab
kurang layak, karena tulisan di video kurang jelas dibaca sehingga melakukan
perbaikan. Hasil akhir video diunggah melalui platform youtube.
Actions (login required)
|
View Item |