Peningkatan Hasil Belajar Menjelaskan Data Diri Peserta Didik dan Lingkungannya yang Disajikan dalam Bentuk Diagram Batang menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 10 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.

Nurjannah, Ika (2022) Peningkatan Hasil Belajar Menjelaskan Data Diri Peserta Didik dan Lingkungannya yang Disajikan dalam Bentuk Diagram Batang menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 10 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_IKA_NURJANNAH_18129060_2124.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang di SDN 10 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat belum maksimal. Hal ini disebabkan karena pembelajaran belum berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah semua peseta didik kelas IV SDN 10 Lembah Melintang dengan 9 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menjelaskan data diri peserta didik dalam bentuk diagram batang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan 1 adalah 81,81% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 86,36% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 84,37% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 87,50% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Pada aspek peserta didik diperoleh rata-rata siklus I adalah 84,37% (B) dan 87,50% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75%. Pada hasil belajar peserta didik rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan siklus I pertemuan 1 yakni 60,89 (C) dan 73,21 (B), meningkat pada siklus I pertemuan 2 yakni 73,46 (B) dan 77,67 (B+ ). Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,71 (B+) dan 81,25 (A-). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:47
Last Modified: 08 Mar 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42742

Actions (login required)

View Item View Item