Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Balita Dengan Partisipasinya Mengikuti Kegiatan Posyandu Melati Jorong Baruah Gunuang I Kabupaten 50 Kota

Nadia, Hijatul (2022) Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Balita Dengan Partisipasinya Mengikuti Kegiatan Posyandu Melati Jorong Baruah Gunuang I Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_HIJATUL_NADIA_17005075_2692.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi ibu yang memiliki balita yang berdaampak pada pengetahuan ibu yang rendah mengenai kegiatan posyandu melati Jorong Baruah Gunuang I Kabupaten 50 Kota. Tujuan penelitian ini adaIah untuk: 1) mendeskripsikan pengetahuan dan keterlibatan ibu daIam kegiatan posyandu; dan 2) mendeskripsikan keterlibatan ibu daIam kegiatan tersebut, 3) melihat hubungan antara pengetahuan ibu yang memiliki balita dengan partisipasinya mengikuti kegiatan posyandu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi terdiri dari 45 anak balita, dan sampel terdiri dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yaitu angket (kusioner) yang berupa pernyataan. Rumus persentase dan Product Moment digunakan dalam metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ibu yang memiliki balita yang mengikuti kegiatan posyandu digambarkan berpengetahuan rendah; 2) Ibu yang mengikuti kegiatan posyandu digambarkan memiliki keterlibatan yang rendah; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu yang memiliki balita dengan partisipasinya mengikuti kegiatan posyandu. saran bagi peneliti lain untuk melihat variabel-variabel baru agar dapat memperbanyak dan menyelesaikan variabel-variabel yang perlu diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyur’aini, Syur’ainiUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:13
Last Modified: 08 Mar 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42740

Actions (login required)

View Item View Item