Penerapan Konsep Geografi pada Buku Teks Geografi Terbitan Erlangga dan Ulangan Harian Semester Genap Kelas XI SMA Negeri 2 Padang

Robbi, Wely Rahmat (2022) Penerapan Konsep Geografi pada Buku Teks Geografi Terbitan Erlangga dan Ulangan Harian Semester Genap Kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WELY_RAHMAT_ROBBI_17045073_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan konsep geografi pada buku teks kelas XI terbitan terlangga (2) untuk mengetahui penerapan konsep geografi pada ulangan harian (3) untuk mengetahui persentase level LOTS, MOTS, dan HOTS pada pertanyaan yang terkandung dalam buku teks dan ulangan harian, (4) untuk mengetahui penerapan jawaban siswa berdasarkan pertanyaan yang mengandung konsep geografi pada ulangan harian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis konten/isi Pada Buku Teks Geografi Kelas XI Terbitan Erlanggga yang dimana menganalisis kandungan konsep geografi pada buku teks beserta pertanyaan di dalam buku tersebut dan pertanyaan Ulanagan harian beserta jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan konsep geografi pada buku teks termasuk kategori rendah 109 (48,2%)dari 226 paragraf (2) penerapan konsep geografi pada pertanyaan dan ulangan harian termasuk golongan rendah dari 120 pertanyaan hanya 48 pertanyaan (40%) yang mengandung konsep geografi dan berdarkan taksonomi bloom yang mendominasi adalah C2 (14,1%) dan C3 (13,3%) (3) Daalam mencapai taksonomi bloom soal yang terdapat pada pertanyaan buku teks belum tercapai sepenuh nya dikarenakan soal LOTS yang lebih mendominasi dari pada soal MOTS,dan HOTS dengan rendahnya kategori penerapan konsep geografi dan pertaanyaan pada buku teks. (4) penerapan jawaban siswa beragam dari sangat rendah-tinggi, soal yang dominan adalah C2 atau LOTS (55,5%) yang masuk kategori tinggi, MOTS (44,5) masuk ke dalam kategori rendah, dan untuk soal HOT belum ada penerapan konsep geografi di dalam nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUKU TEKS, KOSEP GEOGRAFI, TAKSONOMI BLOOM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:59
Last Modified: 08 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42732

Actions (login required)

View Item View Item