Pelatihan Tata Busana dalam Memberi Peluang Kerja bagi Anak Putus Sekolah (Studi Kasus di PKBM Lokomotif) Jl. Bandar Komplek PJKA, Kelurahan Sawahan, Padang Timur.

Ramadhani, Etsa Kurnia (2022) Pelatihan Tata Busana dalam Memberi Peluang Kerja bagi Anak Putus Sekolah (Studi Kasus di PKBM Lokomotif) Jl. Bandar Komplek PJKA, Kelurahan Sawahan, Padang Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ETSA_KURNIA_RHAMADANI_18005066_3687.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang pengangguran karena putus sekolah, di mana anak tersebut membutuhkan keterampilan dalam mendapatkan peluang kerja dan peluang bisnis. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat melalui kegiatan pelatihan sehingga bisa meningkatkan pengetahuan, menambah penghasilan keluarga, mendapatkan peluang kerja, serta menyejahterakan masyarakat terutama anak putus sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran tingkat kedisiplinan warga belajar, melihat gambaran kelengkapan fasilitas, kenyamanan, kecukupan, keamanan dan kebersihan di PKBM Lokomotif, menggambarkan kerja sama mitra dan bentuk kerja sama, melihat manajemen dalam setiap program yang diberikan oleh pemerintah, serta melihat gambaran lembaga dalam memfasilitasi kegiatan pelatihan tata busana di PKBM Lokomotif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitiannya yaitu studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu warga belajar yang mengikuti pelatihan tata busana dalam memberi peluang kerja bagi anak putus sekolah di PKBM Lokomotif sebagai subjek penelitian serta ketua lembaga sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pelatihan tata busana yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi; 2) bentuk pelatihan tata busana berupa kedisiplinan warga belajar, kelengkapan fasilitas, kecukupan, kenyamanan, keamanan, kerja sama mitra dan bentuk kerja sama, manajemen pelatihan, serta lembaga dalam memfasilitasi pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHD.UNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peluang Kerja
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:29
Last Modified: 08 Mar 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42731

Actions (login required)

View Item View Item