Meningkatkan Keterampilan Membuat Case Rilief Print Painting Melalui Direct Instruction Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Al-Hidayah Padang.

Mardiyana, Elma (2022) Meningkatkan Keterampilan Membuat Case Rilief Print Painting Melalui Direct Instruction Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Al-Hidayah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ELMA_MARDIYANA_18003128_2574.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dua orang siswa yang mengalami masalah dalam minimnya keterampilan membuat case rilief print painting. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan siswa menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki minat dan bakat dalam melukis. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat case rilief print painting menggunakan model direct instruction bagi anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting bagi anak tunagrahita ringan kelas III dilakukan menggunakan model direct instruction. Keterampilan membuat case rilief print painting meningkat menggunakan model direct instruction. Setelah diberikan tindakan A mendapatkan persentase 88,33% yang mana awalnya A hanya mendapatkan persentase 13.33% pada tes kemampuan awal. Dan Q mendapatkan persentase 85,00% yang mana awalnya Q hanya mendapatkan persentase 10,00% pada tes kemampuan awal. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membuat case rilief print painting menggunakan model direct instruction dapat meningkat keterampilan anak dan anak menunjukkan hasil yang cukup baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting dapat meningkat menggunakan model direct instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartias Z., Martias Z.UNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:28
Last Modified: 08 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item