Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Take and Give di Kelas IV SDN 24 Koto Raya Lengayang Pesisir Selatan.

Rahmadani, Elisa (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Take and Give di Kelas IV SDN 24 Koto Raya Lengayang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ELISA_RAHMADANI_18129247_2694.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pada proses pembelajaran belum terarah serta kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keterlibatan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga pada pembelajaran masih terkesan kaku, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan. Sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model Take and Give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 24 Koto Raya dengan jumlah 30 orang peserta didik, terdiri dari 10 laki-laki dan 20 perempuan. Hasil penelitian: a) RPP siklus I dengan rata-rata 90% (baik), dan siklus II 97,5% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 91% (baik), dan siklus II 97% (sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 83,5% (baik), dan siklus II 92% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 77,94 dan siklus II dengan rata-rata 88,40. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Take and Give
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:28
Last Modified: 08 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42728

Actions (login required)

View Item View Item