Irawan, Edy
(2022)
Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran (Studi Literatur).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dilihat dari ke 33 hasil studi yang telah dianalisi dari hasil pengamatan tersebut terlihat bahwa rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran yang tidak tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam
pembelajaran guna meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Systematic Literatur Review yang menggunakan metode penelitian kualitatif dimana peneliti melakukan pengamatan
dan analisis studi dari jurnal-jurnal yang meneliti tentang penerapan pembelajaran kontekstual dari tahun 2016-2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran sangat berhasil dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan dan hasil belajar siswa. Dari ke 33 studi yang telah di analisis saya menilai bahwa penelitian tentang penerapan strategi
pembelajaran kontekstual pada pembelajaran di SD lebih efektif pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, di SMP lebih efektif pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode
penelitian kuantitatif, di SMA/SMK lebih efektif pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode penelitian kuantitaatif, dan di Perguruan Tinggi lebih efektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan
metode penelitian kuantitatif.
Actions (login required)
|
View Item |