Mekanisme Pengendalian Sosial di Sekolah untuk Mencegah Pengaruh Narkoba di Kalangan Siswa di SMAN 8 Padang

Triana, Vivi (2022) Mekanisme Pengendalian Sosial di Sekolah untuk Mencegah Pengaruh Narkoba di Kalangan Siswa di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_VIVI_TRIANA_17058046_17058046_7174.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat pengendalian sosial yang dilakukan sekolah untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa di SMAN 8 Padang. Alasan peneliti melakukan penelitian di SMAN 8 karena merupakan salah satu Kecamatan dengan kasus penyalahgunaan narkoba, pelaku dalam penyalahgunaan narkoba di kecamatan ini adalah remaja dan kalangan masyarakat yang tidak menutup kemungkinan siswa di SMAN 8 Padang berinteraksi dengan remaja yang terjerumus narkoba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengendalian sosial untuk mencegah narkoba di SMAN 8 Padang. Dalam menganalisis penelitian ini dianalisis menggunakan teori Kontrol Sosial dikemukakan oleh Travis Harschi. Teori ini dibangun atas dasar pandangan bahwa setiap manusia cenderung untuk tidak patuh pada hukum, oleh sebab itu teori ini menilai perilaku menyimpang adalah konsekuensi logis dari kegagalan seorang untuk mentaati hukum. Teori ini mengembangkan empat fungsi untuk mengendalikan individu, keempat unsur utama teori kontrol sosial yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, involoment atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study). Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 11 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui analisis yang terdiri dari tiga alur kegiatan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa bentuk pengendalian sosial yang dilakukan sekolah diantaranya yaitu yang pertama memberikan sosialisasi dari pihak sekolah dan sosialisasi dari aparat kepolisian, yang kedua pengawasan, yang ketiga peran aparat, yang keempat peran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN SOSIAL
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:27
Last Modified: 08 Mar 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42723

Actions (login required)

View Item View Item