Implementasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 38 Lubuk Buaya Kota Padang

Alfikri, Tristan Malik (2022) Implementasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 38 Lubuk Buaya Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_TRISTAN_MALIK_ALFIKRI_18329049_5344_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya penekanan afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu penyebab munculnya isu-isu intoleransi yang sangat berpengaruh bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya SDN 38 Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study design). Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, seluruh informan merupakan warga sekolah aktif. Seluruh hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 38 Lubuk Buaya Padang yang diterapkan adalah : 1) Belajar dalam suasana perbedaan 2) Mengizinkan siswa berdoa sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing, 3) Mengizinkan siswa non muslim mengikuti proses pembelajaran PAI, 4) Memberikan perlakuan yang sama bagi siswa tanpa memandang latar belakang, 5) Memberikan toleransi terhadap aturan seragam bagi siswa non muslim 6) Saling tolong menolong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKosasih, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI TOLERANSI, PEMBELAJARAN PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:52
Last Modified: 07 Mar 2023 04:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42701

Actions (login required)

View Item View Item