Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan dengan Penyebut Berbeda di Kelas V Sekolah Dasar.

Nasution, Dewi Anjani Fahmi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan dengan Penyebut Berbeda di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DEWI_ANJANI_FAHMI_NASUTION_17129311_2141.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran berbasis edmodo pada pelajaran penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. Media pembelajaran edmodo hanya dijadikan sebagai wadah pemberian tugas dan pencarian video interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis edmodo pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE yaitu : Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, validasi ahli kebahasaan, dan validasi ahli media. Angket respon teridri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek ujicoba dalam penelitian ini yaitu 10 peserta didik yang terdiri dari 4 laki – laki dan 6 perempuan di kelas V B shift 1 SDN 01 Benteng Pasar Atas berdasarkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis edmodo pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda mendapatkan rata – rata tingkat kevalidan dari tiga validator secara keseluruhan adalah 92,36% dalam kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil uji praktikalitas angket respon guru mendapatkan penilaian sebesar 87,50 % kategori “sangat praktis” dan uji praktikalitas respon peserta didik mendapatkan penilaian sebesar 86,25 % dalam kategori “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis berbasis edmodo pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorZaryanty, ZaryantyUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:46
Last Modified: 07 Mar 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42697

Actions (login required)

View Item View Item