Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas VI SD Negeri 05 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Fomera, Delvia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas VI SD Negeri 05 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DELVIA_FOMERA_1057102_3520.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengalaman yang penulis lakukan pada semestetr 1 tahun pelajaran 2014/2015 di Sekolah Dasar (SD) tempat penulis mengajar, untuk menyampaikan materi pembelajaran IPA selama ini kebanyakan masih menggunakan metode ceramah, penulis belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif. Guru seharusnya dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas VI SD. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data RPP, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 05 Luhak Nan Duo kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian rata-rata siklus I pada rata-rata RPP diperoleh 78,55% (B) dan pada siklus II rata-rata nilai RPP meningkat menjadi 92,8% (SB). Tahap pelaksanaan dari aspekguru rata-rata pada siklus I diperoleh 70,3% (C), sedangkan pada siklus II tahap pelaksanaan dari aspek guru meningkat menjadi 92,25% (SB). Dari aspek siswa rrata-rat pada siklus I diperoleh 56,25% (K) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,15 (SB). Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai dengan rrata-rata 69,8 (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 82,8 (B). Dengan Demikian, dapat dikatakan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 05 Luhak Nan Duo kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, MulyaniUNSPECIFIED
Thesis advisorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorSilvinia, SilviniaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:38
Last Modified: 07 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42694

Actions (login required)

View Item View Item