Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI Sekolah Dasar

Putri, Berliani (2022) Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_BERLIANI_PUTRI_18004116_3761.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media komik digital pada pembelajaran tematik kelas VI Sekolah Dasar ini dilatarbelakangi permasalahan yang ada di SD N 11 Kampung Batu Dalam yang mana selama pembelajaran siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan guru sehingga tidak semua siswa dapat memahami isi materi yang dijelaskan oleh guru. Kurangnya motivasi belajar siswa juga tercermin dari kurangnya minat siswa untuk bertanya tentang materi yang belum mereka pahami, dampaknya terhadap hasil belajar siswa yang belum maksimal. Pada proses pembelajaran tematik guru hanya menggunakan buku teks yang mana minim visual karena didominasi oleh teks. Pengembangan membuat media komik digital pada pembelajaran tematik ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik digital yang valid dan praktis sehingga layak digunakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk memproduksi produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dilakukan dengan 5 tahapan sesuai model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap utama, yaitu analisis (Pendefenisian), design (Perancangan), development (pengembangan), implementasi (Penyebaran), dan evaluasi (Evaluasi). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 3 pakar untuk menentukan tingkat kelayakan produk yang dikembangkan dan 23 orang siswa untuk menentukan tingkat kepraktisan produk yang dikembangkan. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi dan angket siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian ahli materi mendapatkan jumlah skor 93 dan skor rata-rata adalah 4,91 dan dikategorikan “sangat valid”. Kemudian penilaian komik digital oleh validator media I yaitu 4,66 dan validator media II yaitu 4,93. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan dari sisi media dikategorikan “sangat valid”. Selanjutnya rata-rata tingkat kepraktisan diperoleh dengan rata-rata skor 4,74, sehingga berada dalam kategori ”sangat praktis”. Berdasarkan data hasil uji validasi materi, media dan praktikalitas di SD N 11 Kampung Batu Dalam, Danau Kembar Kabupaten Solok yang mengembangkan produk komik digital pada pembelajaran tematik kelas VI Sekolah Dasar dinyatakan “sangat layak” digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:05
Last Modified: 07 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42690

Actions (login required)

View Item View Item