Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas V SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi

Fadhila, Belia (2022) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas V SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_BELIA_FADHILA_18129104_2352.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya rencana pelaksananaan pembelajaran yang dirancang guru, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada model dan metode pembelajaran yang digunakan guru, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, guru belum memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dan tidak mengaitkan materi dengan kehidupan disekitar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Discovery Learning Tema 8 di Kelas V SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru dan peserta didik dikelas V yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan model Discovery Learning. Serta teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I 81.9% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 84.4 % (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 93.8% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I diperoleh 81.3% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93.8% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 76.8 (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 84 (Baik). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorHendri, SherlyaneUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:48
Last Modified: 07 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42688

Actions (login required)

View Item View Item