Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Di Kelas V SDN 100619 Janjimanaon Kab. Tapsel Janjimanaon Kab. Tapsel

Wulandari, Ayu (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Di Kelas V SDN 100619 Janjimanaon Kab. Tapsel Janjimanaon Kab. Tapsel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AYU_WULANDARI_18129053_3369.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik ini disebabkan guru kurang optimal menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di kelas V SDN 100619 Janjimanaon Kab. Tapsel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V SDN Janjimanaon yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrument penelitian adalah tes dan nontes. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 77,77% (C) meningkatkan pada siklus II menjadi 94,44% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 76,78% (C) meningkatkan pada siklus II menjadi 92,85% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 92,85% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 72,54 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,28 dengan predikat (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorZuryanti, ZuryantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:45
Last Modified: 07 Mar 2023 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42687

Actions (login required)

View Item View Item