Pengembangan E-Modul Berbasis CASE Untuk Mendukung Kompetensi Merakit PC Siswa TKJ Kelas X SMK

Anggraini, Aulia (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis CASE Untuk Mendukung Kompetensi Merakit PC Siswa TKJ Kelas X SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AULIA_ANGGRAINI_18004049_2738.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dialisis dari beberapa permasalahan yang perlu dicari solusinya yaitu kegiatan praktek tidak dapat diselenggarakan bagi siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Tanjung Baru, minimnya jumlah buku cetak yang tersedia, dan belum tersedianya media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk e-modul berbasis CASE (creative, active, systematic, ef ective) untuk mendukung kompetensi merakit PC (Personal Computer) bagi siswa TKJ kelas X di SMK. Metode yang digunakan berjenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan hannafin dan peck. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahapan pada setiap tahapnya terdapat evaluasi yaitu Analisis kebutuhan (Needs assess) tahap penilaian kebutuhan dilakukan untuk menentukan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan dalam proses pembelajaran serta mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan produk yang dikembangkan. Desain (Design) tahap desain ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendokumenkan kaidah yang paling baik untuk mencapai tujuan pembuatan bahan ajar e-modul. Pengembangan dan implementasi (Develop and implementation) Rancangan produk pada tahap desain kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran dan dilakukan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas untuk mengetahui kelayakanpenggunaan e-modul pembelajaran yang peneliti kembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli media valid dengan persentase 86,87%, sedangkan nilai kelayakan oleh ahli materi sangat valid dengan persentase 99,16%. respon peserta didik terhadap praktikalitas media Sangat Praktis dengan persentase 94,36%. Efektifitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran dapat dilihat dari rata-rata sebelum penggunaan e-modul yaitu 68,26 dan sesudah penggunaan e-modul yaitu 87,11 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media e-modul pada data pre-test dan post-test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorMaiziani, FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:52
Last Modified: 07 Mar 2023 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42683

Actions (login required)

View Item View Item