Partisipasi Masyarakat dalam Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Melinda, Audina (2022) Partisipasi Masyarakat dalam Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B!_04_AUDINA_MELINDA_18005097_3817.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan fenomena yang ada pada LKP Bougenville Lubuk Basung ini, yaitu kemampuan bertahan pada masa pandemi membuat lulusan LKP ini meningkat dari tahun sebelumnya dan kehadiran LKP Bougenville yang disenangi oleh masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) partisipasi masyarakat dalam pendidikan terhadap perkembangan LKP Bougenville Lubuk Basung baik dalam bentuk partisipasi finansial, partisipasi dalam bentuk tenaga dan partisipasi evaluatif (2) Tingkat partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Menurut Creswell (2012) beliau mengatakan bahwa studi kasus merupakan kajian penelitian mengenai suatu peristiwa, program, kegiatan, komunitas individu serta suatu proses kegiatan yang dikaji oleh peneliti secara menyeluruh. Menurut Setting penelitian ini dilaksanakan di Lembaga kursus dan Pelatihan (LKP) Bougenville berlokasi di Jl. Gajah Mada Hilir Pasar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengelola, instruktur serta pegawai LKP Bougenville, masyarakat, tokoh masyarakat dan alumni peserta kursus. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) partisipasi masyarakat dalam pendidikan terhadap perkembangan LKP Bougenville Lubuk Basung sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek partisipasi aktivitas finansial dalam bentuk pendanaan oleh donatur dari bantuan pemerintah terhadap keberlangsungan kegiatan pendidikan kursus yang dibutuhkan oleh LKP Bougenville. Partisipasi dalam bentuk tenaga dilakukan masyarakat dengan cara mempromosikan lembaga terkait dengan keberhasilan program pada LKP Bougenville. Partisipasi evaluatif dapat dilihat dari keterlibatan masyarakat dalam kehadiran masyarakat/orangtua pada saat rapat dengan melakukan pengendalian dan kontrol terhadap penyelenggaraan pendidikan, sehingga masyarakat dapat memberikan umpan balik dan penilaian terhadap kinerja lembaga pendidikan dengan memberikan kesan, kritik dan saran. (2) Implementasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pendidikan pada LKP Bougenville ada pada tingkat partnership.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembaga Kursus
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:52
Last Modified: 07 Mar 2023 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42682

Actions (login required)

View Item View Item