Hubungan Dukungan Lingkungan Sosial Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Program Kesetaraan Di PKBM Istiqamah Kabupaten Kerinci

Ilhami, Aprisila Suci (2022) Hubungan Dukungan Lingkungan Sosial Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Program Kesetaraan Di PKBM Istiqamah Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_APRISILA_SUCI_ILHAMI_18005005_2724.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar warga belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah Desa Pendung Tengah Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci diduga karena pengaruh dukungan lingkungan sosial keluarga yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Hubungan Dukungan Lingkungan Sosial Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Program Kesetaraan Di PKBM Istiqamah Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua warga belajar kesetaraan paket A, B dan C pada tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 92 orang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel diambil sebanyak 30% dari setiap kelompok belajar, yaitu sebanyak 28 orang sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran hubungan antara dukungan lingkungan sosial keluarga telah terlaksnana dengan cukup baik. (2) gambaran kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah dikategorikan cukup baik (signifikan). Dapat dilihat dari sebagian besar warga belajar memberikan peryataan kadang-kadang. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa antara dukungan lingkungan sosial keluarga dengan kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah Desa Pendung Tengah Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci sudah terlaksana cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatualUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:52
Last Modified: 07 Mar 2023 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42681

Actions (login required)

View Item View Item