Ilhami, Aprisila Suci
(2022)
Hubungan Dukungan Lingkungan Sosial Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Program Kesetaraan Di PKBM Istiqamah
Kabupaten Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar warga belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah Desa Pendung Tengah Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci diduga karena pengaruh dukungan lingkungan sosial keluarga yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk melihat Hubungan Dukungan Lingkungan Sosial Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Program Kesetaraan Di PKBM Istiqamah Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua warga belajar kesetaraan paket A, B dan C pada tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 92 orang.
Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel diambil sebanyak 30% dari setiap kelompok belajar, yaitu sebanyak 28 orang sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran hubungan antara dukungan lingkungan sosial keluarga telah terlaksnana dengan cukup baik. (2)
gambaran kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah dikategorikan cukup baik (signifikan). Dapat dilihat dari sebagian besar warga belajar memberikan peryataan kadang-kadang. Berdasarkan hasil data yang
diperoleh dapat disimpulkan bahwa antara dukungan lingkungan sosial keluarga dengan kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Istiqamah Desa Pendung Tengah Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci sudah terlaksana cukup baik.
Actions (login required)
|
View Item |