Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar

Rusdi, Akbar Muhammad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AKBAR_MUHAMMAD_RUSDI_18129099_3324.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan guru dalam mempergunakan media dalam proses pembelajaran, dimana sekolah sudah memberikan fasilitas yang memadai untuk dikembangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis, serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Air Tawar Barat dan SDN 26 Air Tawar Timur. Media yang dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas V SDN 09 Air Tawar Barat dan kelas V SDN 26 Air Tawar Timur untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, didapatkan hasil tingkat validitas media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu dengan nilai validasi 90% dari ahli materi, hasil validasi bahasa mendapatkan nilai 88%, serta validasi media mendapatkan nilai 85% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai rata-rata 94,5% dan respon peserta didik mendapat nilai rata-rata 90,38% dengan kategori sangat praktis. Untuk tingkat efektifitasnya mendapat nilai rata-rata 83,48% dengan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan juga efektif sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:15
Last Modified: 06 Mar 2023 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42657

Actions (login required)

View Item View Item