Pengembangan Multimedia Interaktif Sub Materi Algoritma Dan Pemrograman Mata Pelajaran Informatika Pada Kurikulum Sekolah Penggerak Untuk Siswa Kelas X SMA.

Yusuf, Ahmad (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Sub Materi Algoritma Dan Pemrograman Mata Pelajaran Informatika Pada Kurikulum Sekolah Penggerak Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AHMAD_YUSUF_18004048_2767.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran informatika sub materi algoritma dan pemrograman pada kurikulum sekolah penggerak memiliki perubahan dari pemrograman visual ke bahasa tekstual di kelas IX, dan pada pembelajaran pemrograman di kelas X siswa akan mempelajari konsep koding dan pemrograman prosedural. Dalam pembelajaran infomatika masih monoton dikarenakan penjelasan materi masih menggunakan e-book maupun buku yang telah disediakan pemerintah tentang Algoritma dan pemrograman. Oleh karena itu penulis tertarik untuk merancang multimedia interaktif, agar siswa lebih memahami materi pembelajaran yang dikemas secara interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D), dengan tujuan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan Hanafin dan Peck. Peneliti menggunakan model ini karena model Hanafin dan Peck merupakan salah satu dari banyak model desain pembelajaran yang berorietasi produk. Model berorientasi produk adalah model desain pembelajaran untuk menghasilkan suatu produk, biasanya media pembelajaran. Model desain pembelajaran terdiri dari tiga fase yaitu Need Assessment (Fase Analisis Keperluan), Design (Fase Desain), dan Develop/Implement (Fase Pengembangan dan Implementasi). Berdasarkan hasil penilaian materi dari guru mata pelajaran informatika SMA N 2 Padang dan ahli media dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNP yaitu terdapat pengadaan validasi dengan kesesuaian materi yang diperhitungkan dari rata-rata validator sebesar 4,79 dengan kriteria “sangat valid”. Validasi media terdapat dua validator dengan kriteria “sangat sesuai” dengan nilai yang di peroleh dari validator I sebesar 4,62 dan validator II sebesar 4,87. Untuk analisis kepraktisan diambil melalui angket tanggapan dari siswa kelas X SMA N 2 Padang terkait penggunaan multimedia yang diperhitungkan mencapai nilai rata-rata 4,62, sehingga dapat diketahui hasil praktik dengan kriteria “sangat praktis”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:13
Last Modified: 06 Mar 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42655

Actions (login required)

View Item View Item