Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Oleh Pendamping Dalam Program Keluarga Harapan Di Nagari Guguak Tabek Sarojo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Fitri, Aditiya (2022) Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Oleh Pendamping Dalam Program Keluarga Harapan Di Nagari Guguak Tabek Sarojo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ADITIYA_FITRI_18005002_3655.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan kepedulian anak penerima bantuan PKH terhadap pendidikan sehingga masih ada anak penerima bantuan PKH yang tidak melanjutkan pendidikannya. sedangkan upaya pemerintah mengeluarkan bantuan PKH adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) pada bidang pendidikan di Nagari GuguakTabekSarojo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan program keluarga harapan dengan menggunakan empat indikator yaitu Need Assessment, Program Planning, Formative Evaluation, Summative Evaluation. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah pendamping PKH, anggota penerima bantuan PKH, dan aparat nagari GuguakTabekSarojo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan pencatatan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan yang dipenuhi melalui bantuan PKH adalah kebutuhan pendidikan mulai dari pendidikan PAUD sampai dengan pendidikan SMA. Dalam perencanaan program ada beberapa program pendidikan luar sekolah yang dijalankan diantaranya adalah program pelatihan membuat kotak tisu, pelatihan mengolah sampah, pelatihan tata boga dan sosialisasi vaksin covid-19. Pelaksanaan penilaian proses dilakukan oleh pendamping dengan mendatangi sekolah anak penerima bantuan PKH. Pelaksanaan penilaian akhir yang dilakukan oleh pendamping terlihat manfaat yang dirasakan oleh penerima bantuan yaitu dapat membantu dalam membeli keperluan sekolah, dapat meringankan biaya pendidikan anak, dapat membantu meningkatkan kreatifitas anggota PKH. Dan untuk tujuan terlihat sudah dapat mengurangi angka putus sekolah di Nagari GuguakTabekSarojo. Kata Kunci: Evaluasi Program, Pendidikan, Program Keluarga Harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalius, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:14
Last Modified: 06 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42648

Actions (login required)

View Item View Item