Masalah Sosial dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel SMA

Khusnul, Aulia Putri (2022) Masalah Sosial dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AULIA_PUTRI_KHUSNUL_18016142_7624_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah sosial dan penyebab terjadinya masalah sosial yang terdapat dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, bersifat analisis isi menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frase, kalimat, dan wacana yang mengidentifikasi masalah sosial dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang novel ini, mengklasifikasikan data, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan masalah sosial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, masalah sosial dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam yaitu masalah kemiskinan, masalah kejahatan, dan masalah disorganisasi keluarga. Kedua, penyebab terjadinya masalah sosial di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, yaitu faktor ekonomi, faktor psikologis, dan faktor kebudayaan. Masalah sosial dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XII SMA, yakni dalam pembelajaran Kompetensi Dasar menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah sosial dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam muncul karena adanya paparan ucapam tokoh dan narator serta adanya tindakan tokoh yang mencerminkan masalah sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorErmawati, ErmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MASALAH SOSIAL DALAM NOVEL-PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:14
Last Modified: 06 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42646

Actions (login required)

View Item View Item