Peran Guru Sosiologi dalam Menyiapakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Siswa SMA N 2 Sipora

Yanti N, Siti Ramadah (2022) Peran Guru Sosiologi dalam Menyiapakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Siswa SMA N 2 Sipora. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_SITI_RAMADAH_YANTI_N_18058159_5719_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar yang sesuai dengan indikator penilaian keterampilan berpikir kritis dalam belajar. Terkait rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar, pentingnya peranan seorang guru untuk mampu membantu atau menyiapkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar. Guru merupakan komponen yang paling penting dalam kegiatan pembelajaran yang dapat berinteraksi langsung dengan siswanya. Guru memiliki peranan yang penting untuk membentuk siswa yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis peran guru sosiologi menyiapkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran sosiologi siswa di SMA N 2 Sipora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan adalah dengan purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria peneliti diantaranya guru sosiologi kelas X, XI, XII IPS, Wakakur SMA N 2 Sipora serta siswa kelas X IPS 1. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan guru sosiologi SMA N 2 Sipora, Siswa X IPS 1 dan Wakil Kurikulum SMA N 2 Sipora, selanjutnya observasi pada kegiatan pembelajaran sosiologi dan data terakhir dokumentasi berupa foto, dokumen RPP. Pada penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teori yang digunakan pada penelitian peran guru mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar di SMA N 2 Sipora yaitu teori konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama peran guru sosiologi sebagai pengelola kelas, berupa menciptakan suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, menarik perhatian siswa dan pengelolaan pembelajaran. Kedua, peran guru sosiologi sebagai fasilitator, merancang media pembelajaran dan model pembelajaran yang inovatif. Ketiga, peran guru sosiologi sebagai motivator, memberikan arahan, nasehat, melakukan pendekatan. Ke empat, peran guru sebagai demonstator, adanya pertunjukan dan penguasaan materi terlebih dahulu atau persiapan diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BERPIKIR KRITIS SISWA, PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:04
Last Modified: 06 Mar 2023 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42643

Actions (login required)

View Item View Item