Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengelasan Dengan Proses Shielded Metal Arc Welding (SMAW) berbasis SKKNI dan KKNI di Sekolah Menengah Kejuruan

Zamrudi, Zamrudi (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengelasan Dengan Proses Shielded Metal Arc Welding (SMAW) berbasis SKKNI dan KKNI di Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ZAMRUDI_21138095_3492.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian kompetensi pengelasan dengan proses las SMAW berbasis SKKNI dan KKNI bertujuan untuk menghasilkan suatu instrumen penilaian kompetensi yang dapat digunakan untuk kegiatan evaluasi pada mata pelajaran las SMAW di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R&D, dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan-tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian adalah siswa tingkat XII Pada kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Mandau tahun ajaran 2021-2022. Hasil uji validitas instrumen oleh ahli evaluasi pembelajaran bahwa instrument dinyatakan valid dan layak digunakan, oleh ahli profesional bidang pengelasan SMAW bahwa instrumen dinyatakan valid dan layak digunakan, serta oleh ahli materi guru senior pengguna instrumen juga menyatakan bahwa instrumen valid dan layak digunakan. Hasil analisa data praktikalitas instrumen oleh guru praktisi pembelajaran pengelasan pengguna instrumen terdapat 6 butir item dengan kategori Sangat Praktis, dan 4 butir item dengan kategori Praktis. Sedangkan dari siswa sebagai pengguna instrumen terdapat 1 butir item dengan kategori Sangat Praktis, 7 butir item mendapat kategori Praktis, dan 2 butir item dengan kategori Cukup Praktis. Hasil uji coba produk instrumen meyatakan bahwa bahwa 123 soal dinyatakan valid, 17 soal dinyatakan tidak valid, hasil analisis reliabelitas soal didapat nilai sebesar 0,98 dengan kategori reliabel. Indek Kesukaran soal diperoleh hasil 98 soal (70%) kategori mudah, 38 soal (27%) sedang, dan 4 soal (3%) kategori sukar. Dari daya pembeda, 46 soal (33%) baik, 69 soal (49%) cukup, dan 25 soal (18%) dengan kategori Jelek. Pada pelaksanaan uji coba evaluasi menggunakan instrumen penilaian kompetensi ini baik berupa tes tertulis dan penilaian praktek siswa diperoleh tingkat kelulusan siswa sebesar 75,86%, dan yang tidak lulus sebesar 24,14%. Kata kunci: Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi, Pengelasan dengan Proses Las Shielded Metal Arc Welding, SKKNI dan KKNI Pengelasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengelasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:39
Last Modified: 03 Mar 2023 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42632

Actions (login required)

View Item View Item