Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA

Jafri, Hanif (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_HANIF_JAFRI_17205014_3716.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis metode discovery learning yang memiliki karakteristik valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA. Perangkatpembelajaran yang dikembangkan mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap pengembangan prototipe dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi sendiri, tinjauan pakar/ahli, evaluasi satu-satu, dan evaluasi kelompok kecil. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis model discovery learning untuk kelas X SMA semester 1 yang valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dan penggunaan. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pemecahan Masalah, Model Pengembangan Plomp

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:59
Last Modified: 03 Mar 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42630

Actions (login required)

View Item View Item