Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) Dengan Pendekatan Service Learning di SMK

Edison, Edison (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) Dengan Pendekatan Service Learning di SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_EDISON_21138070_3491.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh keterbatasan perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, sarana pembelajaran mandiri yang dapat digunakan siswa, serta rendahnya kompetensi siswa yang menyebabkan hasil belajar belum memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran teknik pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) dengan pendekatan service learning sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu: 1) Analisis, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4) Penerapan dan 5) Evaluasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan mendiskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan ini dinyatakan valid berdasarkan aspek kelayakan isi modul dengan rata-rata 0.857, kelayakan penyajian dengan rata-rata 0.863, aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata 0.827, aspek model WBL dengan rata-rata 0.945, serta aspek service learning dengan rata-rata 0.833, Modul yang dikembangkan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon siswa 90.81 dan respon guru 90,80 serta perhitungan gain score yang diperoleh 0.60 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Teknik Pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) Dengan Pendekatan Service Learning valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran teknik pengelasan. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Pengelasan TIG, Service Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:10
Last Modified: 03 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42622

Actions (login required)

View Item View Item