Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kelayakan E-Modul Fisika Berbasis Video Konteks.

Yusliani, Erlina (2022) Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kelayakan E-Modul Fisika Berbasis Video Konteks. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ERLINA_YUSLIANI_19175003_3937.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur ketercapaian tujuan penelitian yang dilakukan. Terdapat tiga jenis instrumen yang dibutuhkan untuk mengukur kualitas produk pada penelitian pengembangan yaitu instrumen validitas, instrumen pratikalitas, dan instrumen efektivitas. Penelitian yang mengembangkan e-modul fisika berbasis video konteks membutuhkan instrumen validitas, pratikalitas, dan efektivitas yang valid dan reliabel untuk menguji kelayakannya. Instrumen efektivitas yang dibutuhkan untuk mengukur tingkat keberhasilan e-modul berbasis video konteks adalah instrumen keterampilan 4C dan literasi lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen yang valid dan reliabel untuk mengukur kelayakan e-modul fisika berbasis video konteks. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), menggunakan desain ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, andevaluation. Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen validitas, pratikalitas guru dan siswa, instrumen keterampilan 4C, dan instrumen literasi lingkungan. Data penelitian ini berupa data studi pendahuluan tentang instrumen yang digunakan pada saat ini yang dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara dan angket. Data validasi ahli dikumpulkan dengan angket. Data uji coba penggunaan instrumen menggunakan tes essay dan angket digunakan untuk mengukur validitas empiris dan reliabilitas instrumen. Penetapan nilai validitas ahli menggunakan rumus Aiken’s V. Validitas empiris instrumen diukur menggunakan rumus kolerasi Product Moment. Reliabilitas instrumen diukur dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil validasi ahli untuk instrumen validitas, praktikalitas, dan efektivitas berada pada kategori valid. Hasil uji coba untuk instrumen keterampilan 4C diperoleh: 14 butir valid dan 4 butir tidak valid, sedangkan instrumen literasi lingkungan untuk instrumen tes diperoleh 20 butir soal valid dan untuk angket diperoleh 48 pernyataan valid. Butir yang valid digunakan untuk menguji efektivitas e-modul dan yang tidak valid dibuang.Hasil reliabilitas untuk instrumen keterampilan 4C dan literasi lingkungan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan untuk mengukur kelayakan e-modul fisika berbasis video konteks terbukti valid dan reliabel. Kta kunci: Pengembangan, Instrumen, Kelayakan E-Modul

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:10
Last Modified: 03 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42620

Actions (login required)

View Item View Item