Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Gerak dan Pencernaan Kelas XI SMA/MA

Afrianti, Efrinanda (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Gerak dan Pencernaan Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_EFRINANDA_AFRIANTI_19177006_2232.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 dalam sistem pendidikan di Indonesia menyebabkan diberlakukannya beberapa hal dalam dunia pendidikan, antara lain penerapan pendekatan ilmiah atau pendekatan saintifik. Proses belajar dan mengajar dalam kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik lebih menitikberatkan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri dan pendidik hanya berperan sebagai fasilitator. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMAN 1 XI Koto Sungai Lasi diketahui pada saat pembelajaran biologi guru belum menggunakan LKPD yang menarik sehingga kurang melatih kemampuan berpikir peserta didik. Pada saat proses pembelajaran guru hanya memanfaatkan soal yang ada dibuku cetak serta soal yang dibuat langsung oleh guru. LKPD belum disusun menggunakan model pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA/MA.Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Model ini terdiri atas tiga tahapan yaitu tahapan investigasi awal, tahapan pembuatan prototipe dan tahapan penilaian. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMAN 1 XI Koto Sungai Lasi tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian ialah LKPD berbasis DL pada materi sitem gerak dan pencernaan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas serta soal efektivitas yang terdiri dari lima butir soal essay untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan juga angket wawancara untuk guru dan peserta didik. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan uji-t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis DL memperoleh kriteria sangat valid menurut expert review dengan nilai 84,05%. Kriteria praktikalitas respon guru sangat praktis dengan nilai 95.00% dan kriteria respon peserta didik sangat praktis dengan nilai 90,34% dan hasil uji efektifitas LKPD berbasis DL menunjukkan sangat efektif, terlihat perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik antara kelas kontrol yang belum menggunakan LKPD berbasis DL dengan kelas eksperimen yang telah menggunakan LKPD berbasis DL. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis DL yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Keywords: Discovery leaning, LKDP, pengembangan, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:57
Last Modified: 03 Mar 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42619

Actions (login required)

View Item View Item