Sahida, Elfa
(2022)
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Kebiasaan Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek
Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Padang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experiment). Rancangan dalam penelitian ini adalah fakctorial design (2x2). Jumlah populasi 287 siswa dengan sampel 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan
XI IPA 2 (kelas kontrol) yang ditentukan teknik random sampling. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel. Pertama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen. Ketiga, kebiasaan membaca.
Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks cerpen dan skor kebiasaan membaca pada kedua kelas sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebiasaan membaca dan tes keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, nilai keterampilan menulis teks cerpen siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada nilai keterampilan menulis teks cerpen siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional karena
Actions (login required)
|
View Item |