Ernitasari, Eka Penti
(2022)
Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini di
Kota Padang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan guru berupa media papan tulis, kartu angka, batu-batuan dan media seadanya. Sehingga pembelajaran berhitung menjadi monoton dan membosankan bagi anak. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran berhitung permulaan anak usia dini yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Riserch & Development) model ADDIE yang dikemukaan oleh
Branch 2009 yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan game edukasi berbasis android dapat dikembangkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan anak dengan tema
Transportasi dan 4 pilihan permainan yaitu Bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Hasil Validitas game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan Valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai persentase oleh ahli materi yaitu 94,67% dan hasil nilai persentase dari ahli media yaitu 93, 69%. Hasil
praktikalitas game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil persentase 94,3%. Hasil persentase efektivitas yaitu 88,1% dan game edukasi
berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan sangat Efektif. Dapat disimpulkan bahwa media game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |