Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini di Kota Padang.

Ernitasari, Eka Penti (2022) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_EKA_PENTI_ERNITASARI_20330005_3234.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan guru berupa media papan tulis, kartu angka, batu-batuan dan media seadanya. Sehingga pembelajaran berhitung menjadi monoton dan membosankan bagi anak. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran berhitung permulaan anak usia dini yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Riserch & Development) model ADDIE yang dikemukaan oleh Branch 2009 yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan game edukasi berbasis android dapat dikembangkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan anak dengan tema Transportasi dan 4 pilihan permainan yaitu Bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Hasil Validitas game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan Valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai persentase oleh ahli materi yaitu 94,67% dan hasil nilai persentase dari ahli media yaitu 93, 69%. Hasil praktikalitas game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil persentase 94,3%. Hasil persentase efektivitas yaitu 88,1% dan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan sangat Efektif. Dapat disimpulkan bahwa media game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:56
Last Modified: 03 Mar 2023 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42616

Actions (login required)

View Item View Item