Putri, Shella Dewanti
(2022)
Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan, kontinuitas, dan keterkaitan hard skills dan soft skill. Salah satu factor penentu berhasil nya pendidikan adalah guru.Guru harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat dan menghasilkan bahan ajar untuk mendukung kegiatan pembelajaran..Bahan ajar yang digunakan tidak terlepas dari Lembar kerja peserta didik (LKPD). Pendekatan yang melatih soft skill peserta didik adalah STEAM.STEAM ini sangat cocok apabila dipadukan dengan model PjBL dimana siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis proyek memiliki penguasaan konsep dan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuanuntukmengembangakanbahan ajar berupa LKPD terintegrasi STEAM-PjBL pada materi Asam dan Basa serta mengungkap tingkat kevalidan dan kepraktisan LKPD yang dihasilkan.Penelitian Pengembangan ini menggunakan Model 4-D Dalam pengembangan model 4-D ada empat tahapan yang harus dilakukan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini lembar validasi yang menggukan rumus skala Aikens’V, dan angket praktikalitas guru dan pesertadidik.Rata-rata nilai V yang diperoleh dari analisis validator sebesar 0,86 dengan kategori valid. Adapun data uji praktikalitas didapatkan nilai rata-rata NP sebesar85% dari guru dan 89% dari peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut LKPD yang dihasilkan valid dan praktis untuk digunakan pada pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |