Pengembangan Multimedia PowerPoint Berbasis Quaded Inquary pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Husna, Isramil (2022) Pengembangan Multimedia PowerPoint Berbasis Quaded Inquary pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_7_ISRAMIL_HUSNA_20176019_5760_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint reaksi oksidasi reduksi berbasis quided inquiry terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA/MA. Pada media PowerPoint dapat diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat menuntun siswa aktif dalam menyelidiki dan menemukan konsep. Quided inquary merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mampu menuntun siswa aktif dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan RND (Reseacrh and Development) dengan metode 4D yaitu tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Keterbatasan penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian ini berupa angket uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 4 orang validator, yaitu 2 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia dan ahli media divalidasi oleh 3 orang validator terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang dosen Teknologi pendidikan. Angket uji praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 36 orang siswa kelas X IPA 2 di SMAN 1 Rambatan. hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aikens V. Dari hasil analisis data uji validitas diperoleh rata-rata V sebesar 0,90 dan validasi ahli media 0,92 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Dari hasil analisis data uji praktikalitas terhadap guru diperoleh rata-rata V sebesar 0,95 dan terhadap siswa sebesar 0,91 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji efektifitas hasil belajar media PowerPoint diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,73 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi dan kelas control 0,64 dengan kategori sedang, sedang untuk kemampuan berfikir tingkst tinggi didapatkan nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,61 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint berbasis quided inquary pada materi reaksi oksidasi reduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42589

Actions (login required)

View Item View Item